oleh

Aparat Tetap Edukasi Warga Terkait Covid-19

-Berita, Sumsel-200 views

Sangsaka, Palembang – Upaya pengamanan pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dilakukan Pemerintah Provinsi Sumsel, POLRI, TNI. Sedikitnya, puluhan ribu personel gabungan dilibatkan dalam pengamanan baik dari unsur POLRI, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas, dan pihak terkait lainnya disiagakan dalam pengamanan tersebut.

Gubernur Sumsel H Herman Deru usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2020 di lapangan sepakbola Pakri, Palembang, Senin (21/12) petang mengatakan, disiagakannya puluhan ribu personel gabungan tersebut untuk menjamin keamanan masyarakat kristiani yang akan merayakan natal di Sumsel.

“Ini upaya kita memberikan keamanan dan kenyamanan bagi umat kristiani yang merayakan natal. Mudah-mudahan dengan langkah ini perayaan natal dan tahun baru dapat berjalan nyaman seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Herman Deru.

Terlebih, lanjutnya, perayaan natal dan tahun baru kali ini berbeda dari sebelumnya. Dimana nataru tahun ini masyarakat dihadapkan pada pandemi covid-19.

“Pengamanan tidak hanya difokuskan pada tempat-tempat ibadah maupun pusat keramaian dan  pengaturan jalan raya. Apalagi, saat ini kita masih berhadapan dengan pandemi covid-19. Tentunya disiplin protokol kesehatan harus tetap diterapkan agar penularan wabah itu tidak semakin meluas,” tuturnya.

Sebab itu, dia mengistruksikan pasukan yang terdiri dari 83 ribu POLRI, 15 ribu TNI dan 10 pasukan gabungan sipil seperti Satpol PP, Basarnas dan lainnya untuk konsisten mengedukasi dan mengingatkan masyarakat terkait protokol kesehatan tersebut. “Panduannya berdasarkan Pergub 37 yang telah dibuat. Disiplin protokol kesehatan itu harus terus diterapkan,” terangnya.

Diketahui, menjelang perayaan Nataru tahun ini, sejumlah tempat telah diperketat. Bahkan rapid antigen pun sudah diterapkan di gerbang masuk resmi seperti bandara, pelabuhan maupun terminal.

“Termasuk gerbang lainnya sudah kita persiapkan. Penerapan protokol kesehatan ini memang tak kalah penting. Saya ingatkan masyarakat untuk tidak pesta di luar saat tahun baru,” bebernya.

Senada dengan itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menerangkan, puluhan ribu personel tersebut akan disebar di seluruh Sumsel. “Kita siapkan untuk mengatasi potensi gangguan kamtibmas di Sumsel selama nataru ini. Saya minta pasukan bekerja dengan menyesuaikan karakteristik daerah,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed